Meresensi Buku Perpustakaan UNY (http://library.fip.uny.ac.id)

Resensi Buku Non Fiksi
"Mengenal Dunia Kriminalitas Anak dan Remaja"

Gambar 1. Remaja

Hai Hai!! 
Pada kesempatan kali ini, saya akan meresensi salah satu buku yang terdapat di perpustakaan FIP UNY Yakni buku yang tersebut di bawah. Mari kita mulai yuk!

Gambar 2. Sampul depan

Gambar 3. Sampul belakang

Judul Buku : Karakteristik Kriminalitas Anak & Remaja (Dalam Perspektif Pendidikan, Juvenile Delinquency, Narkotika, Hukum, Hak Anak, Agama, dan Moral)
Penulis : Dr. Marwan Setiawan, M.Pd
Penerbit : Penerbit Ghalia Indonesia
Tahun terbit : 2015
Tebal : xx + 220 Halaman

Anak dan Remaja merupakan suatu masa di mana seseorang mengalami masa pencarian jatidiri dan masa meniru apapun yang berada pada lingkungannya. Tak lepas pula dari sesuatu hal yang mana baik dan buruk, selama pada saat itu mereka mengalami dan menjadi kebiasaan, maka tak jarang apa yang mereka lihat dan alami menjadi karakter yang melekat pada diri mereka.

Beberapa hal yang terjadi adalah kurangnya kesadaran masyarakat atau pribadi dewasa dalam peran pembentukan karakter anak dan remaja sehingga tidak banyak terjadi kriminalitas yang menyangkut anak – anak dan remaja tanpa mereka sadar betul apa yang mereka lakukan.

Sebagai pribadi dewasa, hendaknya kita ikut mengawasi dengan cermat dan betul bahwasanya kitalah yang ikut juga bertanggungjawab atas karakter anak dan remaja. Maka dari itu, kita juga harus mampu mempelajari dengan benar dan menggunakan referensi – referensi yang tepat untuk ikut membangun karakter serte menghindarkan anak dan remaja dengan cara yang efektif dan tepat.

Karakteristik Kriminalitas Anak & Remaja (Dalam Perspektif Pendidikan, Juvenile Delinquency, Narkotika, Hukum, Hak Anak, Agama, dan Moral) karya Dr. Marwan Setiawan, M.Pd menyajikan hal – hal yang mendalam terkait dengan masalah – masalah anak dan remaja hingga ke pendidikan karakter dan upaya pendekatan dan solusi solusi alternatif mengatasi berbagai masalah anak dna remaja dari segala perspektif yang berbeda.

Walaupun demikian, bahasa yang digunakan masih terlalu tinggi untuk masyarakat awam yang kurang memahami tata bahas yang ada. Penjelasan dengan demikian mungkin harus minimale mungulang kembali bacaan sembari mencari arti secara satu persatu untuk dapat lebih meresapi bacaan yang ada.

Tidak ada salahnya membaca buku ini, karena dengan kelengkapannya, akan semakin menambah wawasan dan juga kepahaman kita untuk memhamai sisi karakteristik anak dan remaja sebagai upaya pencegahan kriminalitas semakin melonjak ke depannya.

Demikian resensi buku ini, tidak pernah ada salahnya membaca, justru akan semakin menambah wawasan kita ke depannya!
Terimakasih dan sampai jumpa kesempatan selanjutnya!

Sumber Buku : http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=9008&keywords=kriminalitas+anak+remaja 
Sumber Gambar : unsplash.com

SHARE THIS

Author:

Latest
Next Post

grids