Free Public Domain atau CC0-Licensed Images (Pengertian dan Penjelasan)



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sebelumnya, mungkin beberapa dari kalian para pembaca kurang mengetahui perihal Free Public Domain atau CC0 Licenced Images. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Free Public Domain atau CC0-Licensed Images itu?

Biasanya, kalau kita berselancar mencari gambar yang kita inginkan, biasanya harus membeli untuk menghargai jerih payah sang pencipta karyanya. Karena, jika kita asal nyomot, pasti jadinya illegal kan? Nah, berbeda dengan Free Public Domain atau CC0 Licenced Images. Seperti yang diketahui, dari namanya saja sudah Free alias gratis.

Creative commons bisa diartikan sebagai suatu organisasi non profit yang memiliki tujuan untuk memperluas cakupan karya kreatif sehingga karya tersebut legal untuk digunakan orang lain secara gratis tanpa mengurangi esensi hak cipta bagi sang pencipta karya tersebut.

Dalam hal ini lisensi creative commons akan menyediakan standar bagi pemegang hak cipta (copyright) untuk memberikan izin pada orang lain yang ingin menggunakan hasil karyanya.
Yang pada maksudnya adalah, gambar ataupun dan sebagainya seperti vektor, grafik dan karya lain disediakan secara cuma – cuma untuk kebutuhan publik tanpa harus membeli produk mereka dan itu legal.

Jadi, bahasa mudahnya, Public Domain Image mendefinisikan tentang karya yang pada dasarnya penciptanya tidak mengakui hak cipta mengenai suatu produk kreatif atau tidak pernah diberikan lisensi sejak pertama kali diunggah. Dengan hal ini, maka beberapa karya tersebut dapat digunakan secara bebas oleh setiap pengguna untuk kepentingan pribadi ataupun hingga digunakan sebagai sarana komersiil (commercial purpose).

Kok hanya beberapa? Dikarenakan, setiap individu pencipta karya memiliki ketentuan masing – masing dalam penggunaan karyanya. Setiap pencipta karya memilik cara untuk karya tetap dihargai dengan lisensi lain yang bukan dalam bentuk materi. 4 bentuk lisensi yang dikategorikan oleh CC terdiri dari 4 modul utama yakni

- BY (Atribusi) : atribusi kepada pemilik karya asli

- SA (share alike) : peluang adanya karya turunan dari lisensi yang sama

- NC (non commercial) : suatu karya tidak boleh digunakan untuk kepentingan komersial

- ND (no derivative works) : hanya memperbolehkan penggunaan karya asli tanpa turunan

Untuk teman - teman yang mau mencari gambar - gambar free alias cc0 ini, bisa baca juga di 33 Situs Penyedia Gambar Gratis.

Sekian info yang saya sajikan. Mungkin kalo temen temen pembaca ada yang lebih faham dan ini artikel banyak salah, comment di bawah ya.. sekalian dibebenahkan hehe..

Semoga bermanfaat!


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sumber : Mengenal Pengertian Lisensi Creative Commons dan Penerapannya (blog)

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post

grids